Rabu, 27 Januari 2016

BEASISWA S2/S3 KING FAHD UNIVERSITY, ARAB SAUDI


King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Dhahran, Arab Saudi yang berdiri pada 8 Syawwal 1384 H/9 Februari 1965 dan merupakan salah satu perguruan tinggi yang pertama didirikan di Arab Saudi. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang maju dibidang sains dan teknologi di Arab Saudi.

Menurut QS Word Ranking 2013-2014, King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) berada diperingkat 216 dengan score 49.9 di dunia. Universitas ini telah mengadopsi pelatihan lanjutan di bidang pendidikan, teknik, dan menejemen sebagai tujuan mempromosikan kepemimpinan dan pelayanan. Universitas yang menjadi peringkat tertinggi di Arab Saudi ini, terletak di Dahran, propinsi disebelah timur Arab Saudi. Presentasi tentang KFUPM dapat dilihat disini.

Saat ini KFUPM sedang membuka pendaftaran jenjang S2 dan S3 bagi calon mahasiswa non Arab saudi. Pendaftaran akan dibuka pada: 25 Januari – 11 Februari 2016. Selengkapnya dapat dilihat disini. Ada kurang lebih 37 Program S2 and 15 Program S3 yang ditawarkan oleh KFUPM. Adapun daftar program studi yang ditawarkan selengkapnya dapat dilihat disini.

Fasilitas beasiswa yang diberikan pihak kampus kepada mahasiswa Non Saudi adalah sebagai berikut:
- Uang saku 890 SAR/bulan.
- Asrama 1 kamar untuk 2 orang (Master) , 1 kamar untuk 1 orang (PhD).
- Tiket Pulang Pergi ke Indonesia setiap tahun pada liburan musim panas.
- Buku mata kuliah gratis.
- Layanan medis gratis.
- Bus kampus.
- Makan harian bersubsidi di restoran kampus (1 kali makan cukup bayar 4 SAR).
- Uang ketika pertama kali datang 1800 SAR .
- Fasilitas mall dan sarana olahraga seperti kolam renang, gym, lapangan futsal, lapangan badminton, lapangan basket, lapangan voli, tenis meja.
Keterangan resmi tentang fasilitas beasiswa dapat dilihat disini.

Adapun berkas utama yang harus disiapkan untuk pendaftaran adalah:
- Scan Paspor
- Scan Transkrip nilai S1/S2 berbahasa Inggris
- Scan Ijazah S1/S2 berbahasa Inggris.
- File Statement Purpose (membuat essay tentang motivasi karir dan penelitian).
- Scan sertifikat GMAT (khusus program MBA- Bisnis).
- Recommendation Letter (Siapkan 3 email dosen yang bersedia untuk memberikan rekomendasi terkait profil Anda. Mereka akan dikirimi link untuk mengisi formulir rekomendasi secara online).
- Sertifikat TOEFL (min. is 68 iBT atau 6 IELTS atau 520 PBT untuk Master program) dan (79 iBT atau 6.5 IELTS atau 550 PBT untuk PhD program). Perlu dicatat Kode TOEFL KFUPM adalah 0868 (diperlukan saat tes iBT).
- Sertifikat GRE (min. Quant. is 156, min. Analytical is 4.0). Perlu dicatat Kode GRE KFUPM adalah 0868 (diperlukan saat tes GRE).

Setelah berkas utama siap, lanjutkan pada langkah-langkah teknis pendaftaran di website KFUPM seperti mengisi formulir dan upload dokumen dapat mengikuti panduan ini.

Info selengkapnya dapat dilihat disini. Jika masih ada pertanyaan yang berkaitan tentang pendaftaran di KFUPM, silahkan lihat selengkapnya disini atau dapat menghubungi pihak kampus melalui Email: gs-admissions@kfupm.edu.sa.


(sumber: manhajuna.com)

0 komentar: